Unordered List


Breaking News

Saturday 5 December 2015

Persiapan Alih Status STAIN Metro Menjadi IAIN

 
 
Stain Jurai Siwo Metro yang merupakan satu-satunya perguruan tinggi negeri agama Islam yang ada di Kota merupakan suatu kelembagaan tersendiri bagi seluruh masyarakat. Saat ini civitas akademika STAIN Jurai Siwo Metro dengan berbagai upaya berusaha menjadi perguruan tinggi unggulan dan terdepan dalam pengkajian dan pengembangan ilmu, seni dan budaya keislaman. Prof. Edi Kusnadi, M.Pd,. selaku Ketua menekankan bahwa untuk mencapai apa yang disebutkan tersebut,
Sebagai bukti dari upaya tersebut, STAIN Jurai Siwo Metro yang dalam beberapa tahun terakhir, mengalami perkembangan pendaftaran mahasiswa baru yang cukup signifikan dengan persentasi kenaikan tiap tahunnya sekitar 75%. Begitu juga dengan penyesuaian bidang pembangunan fisik, perkembangan teknologi Informasi dan system pembelajaran online. Pengembangan lain dengan bertambahnya lahan sekitar 3,5 ha yang rencananya untuk pengembangan ma?had dan kampus II STAIN Metro, tegas Prof. Dr. Edi Kusnadi, M.Pd., Kelengkapan bahan dan data dukung inilah yang akan dipresentasikan di Jakarta pada tanggal 16 Mei 2011 nanti.
Percepatan pembangunan fisik bangunan tersebut merupakan upaya dan sekaligus persiapan STAIN untuk beralih status menjadi IAIN Metro yang merupakan pusat pengembangan pendidikan, teknologi, ilmu seni dan budaya keislaman.
Lebih jauh Prof. Dr. Edi Kusnadi, M.Pd. menegaskan, bahwa di tahun 2011 ini pembangunan fisik gedung meliputi ruang kuliah, gedung rektorat, rehabilitasi gedung perpustakaan, penambahan local dan perangakat laboratorium computer, kelas multimedia Program Pascasarjana dan perencanaan pengembangan cyber campus. Selain itu, menurutnya, bahwa berdirinya Program Pascasarjana diharapkan mampu memperkuat data dukung akan proses alih status STAIN Metro ke IAIN Metro, karena dalam ketentuan perundang-undangan, bahwa Sekolah Tinggi semestinya hanya memiliki satu jurusan professional. Sementara saat ini STAIN Metro sudah memiliki 2 Jurusan (Tarbiyah dan Syari?ah) dengan 8 Program Studi dan Program Pascasarjana (S2) dengan 2 Program Studi.
Saat ini pihak STAIN Jurai Siwo Metro terus berupaya dan berharap memperoleh sumber pendanaan dari Pemerintah Provinsi Lampung. Pasalnya pembangunan kampus II STAIN Jurai Siwo Metro Seberang itu diperkirakan menelan anggaran sebesar Rp. 750 milliar. Bahkan pihak STAIN Jurai Siwo Metro bersama Gubernur Provinsi Lampung telah bertemu Menteri Agama RI untuk membicarakan peluang pembangunan kampus II dan alih status STAIN Jurai Siwo Metro menjadi IAIN Lampung.
Alih status STAIN Jurai Siwo Metro ke IAIN Jurai Siwo Metro sudah diajukan sejak tahun 2010 dan direncanakan bisa terealisasi pada 2012 tahun depan, seluruh syarat dan kelengkapannya telah kamin penuhi", ujar Ketua STAIN Jurai Siwo Metro, Prof. Dr. Edi Kusnadi, M.Pd., dalam pembukaan rapat persiapan presentasi alih status STAIN Metro (3/5). Ditambahkannya, bahwa musyawarah alumni juga menjadi salah satu syarat administrasi alih status STAIN ke IAIN. Hal ini sudah lama dilakukan pada masa kepemimpinan Prof. Dr. Syaripudin, M.Ag. dengan mengundang seluruh alumni dari semua angkatan dalam acara reuni akbar pada Sabtu 28 Juli 2010 yang lalu.
"Jika dihadapan senat konsep ortaker (organisasi tata kerja) dan statuta baru itu mendapat persetujuan maka akan diserahkan ke Kementerian Agama untuk disahkan", ujarnya, Rabu (9/5). Perubahan status menjadi IAIN juga akan mendorong pembentukan fakultas-fakultas yang merupakan penggabungan dari 2 jurusan dengan 8 program studi.
 
Sumber : http://www.stainmetro.ac.id

No comments:

Post a Comment

Designed By